Selamat Datang
image

Abu Zahra

022-2000429 082121981001, 085214981001


Allah 'azza wa jalla berfirman: Sesungguhnya ajaran (yang diterima) di sisi Allah adalah Islam. Rasulullah berkata: Islam itu tinggi dan tidak ada ajaran yang mengungulinya. Imam 'Ali as berkata: Islam adalah jalan yang paling terang.
Kategori

Manfaat Lidah Buaya

image

Pernah Buat Jus Lidah Buaya? Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Meminumnya

Kita semua telah mendengar bahwa lidah buaya punya banyak manfaat yang menakjubkan. Namun kebanyakan dari kita baru menggunakan lidah buaya untuk kebutuhan topikal saja diantaranya untuk rambut, kulit, jerawat.

Padahal khasiat lidah buaya tidak hanya untuk hal-hal bagian luar tubuh anda, tapi juga punya khasiat luar biasa untuk bagian dalam tubuh anda.


Pernahkah anda membuat jus lidah buaya?

Jika dilihat sekilas bentuk lidah buaya memang seperti tumbuhan yang agak 'menakutkan' untuk kita konsumsi, bahkan terkesan kotor. Tapi dengan besarnya manfaat yang terkandung untuk kesehatan tubuh, lupakan tentang bentuk dan warnanya, cobalah sesekali mencoba jus lidah buaya.

Selama lebih dari 6000 tahun lidah buaya telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Orang Mesir menyebutnya "tanaman keabadian" karena ribuan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam "Journal of Science dan Kesehatan Lingkungan" mencatat bahwa lidah buaya mengandung sifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk membersihkan tubuh dari racun dan patogen.

Jus lidah buaya mengandung hampir 70 kandungan nutrisi yang meliputi:

Mineral

Hampir 20 mineral yang ditemukan dalam lidah buaya diantaranya: kalsium, magnesium, seng, kromium, selenium, natrium, besi, kalium, tembaga dan mangan. Mineral ini bertindak bersama-sama untuk meningkatkan jalur metabolisme enzim. Mineral seperti seng berfungsi sebagai antioksidan dalam sel-sel tubuh Anda dan meningkatkan aktivitas enzim yang menjamin detoksifikasi limbah metabolisme.

Enzim

Lidah buaya mengandung enzim seperti amilase dan lipase, yang jika kita konsumsi dapat membantu pencernaan dengan memecah lemak dan gula. Lidah buaya mengandung satu enzim bernama Bradykinase, membantu mengurangi peradangan yang berlebihan.

Asam amino

Jus lidah buaya memiliki 20 dari 22 asam amino yang diperlukan oleh tubuh manusia. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat yang sanggup memerangi radang dan bakteri (seperti yang Anda tahu aspirin dibuat dengan bahan dasar asam salisilat).

Vitamin
Lidah buaya adalah salah satu dari beberapa tanaman yang mengandung vitamin B12 yang diperlukan untuk produksi sel darah merah. Lidah buaya mengandung lebih banyak vitamin diantaranya A, C, E, asam folat, kolin, B1, B2, B3 (niasin) dan B6. Vitamin A, C dan E yang terkandung dalam lidah buaya dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Kolin dan kelompok vitamin B di dalamnya juga sangat diperlukan untuk metabolisme asam amino.

Polisakarida

Aloe polisakarida mucilaginous (AMP) adalah rantai panjang molekul gula yang terdiri dari mannose individu dan molekul gula glukosa yang saling terhubung. Sekitar 200 dari bahan-bahan AMP ini ditemukan dalam lidah buaya. Inilah "obat penyembuh" luar biasa yang terkandung dalam lidah buaya. Nutrisi ini melakukan banyak fungsi penting dalam tubuh Anda. Bertindak sebagai anti-peradangan; memiliki efek anti-bakteri dan anti-virus; meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta merangsang pertumbuhan jaringan dan meningkatkan metabolisme sel.

Manfaat Jus Lidah Buaya: Mendetoksifikasi Tubuh Anda Secara alami

Aloe Vera atau lidah buaya juga merupakan salah satu pembersih tubuh terbaik. Berfungsi aktif membersihkan materi beracun dari perut, ginjal, limpa, kandung kemih, hati, dan pembersih usus besar yang paling efektif. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jus lidah buaya berperan menyembuhkan dan menghilangkan gangguan pencernaan, masalah perut dan bahkan bisul. Minum jus lidah buaya akan membantu tubuh Anda mengurangi peradangan pada jaringan tubuh yang sering menyebabkan nyeri sendi dan bahkan arthritis. Lidah buaya memperkuat saluran pencernaan, mengancangkan kulit dan memiliki efek yang besar pada kesehatan secara keseluruhan. Disarankan untuk minum segelas jus lidah buaya setidaknya satu kali sehari. Jus lidah buaya membantu menyingkirkan zat-zat kimia dalam tubuh, yang berarti tubuh anda dapat terdetoksifikasi secara alami.


Jika Anda meminum jus lidah buaya maka:

1. Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi adalah suatu proses menjaga keasaman tubuh manusia, makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung asam ini 20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk makanan umum yang tidak memiliki kadar asam.

Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.

2. Sistem imun tubuh

Jus lidah buaya juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh manusia. Radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil yang merupakan efek samping dari metabolisme dan berkontribusi dalam proses penuaan serta menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Ketika kita meminum jus lidah buaya secara teratur, tubuh akan memiliki antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan kita agar lebih tahan terhadap penyakit.

3. Tubuh akan terdetoksifikasi

Jus lidah buaya dapat menjadi pilihan yang alami untuk proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh manusia. Meningkatnya cara hidup tidak sehat seperti merokok, junk food, stress, dan polusi membuat kita membutuhkan ‘pembersihan’ berbagai racun yang terdapat dalam tubuh. Jus lidah buaya adalah cara yang ideal untuk melakukan hal ini karena mengandung banyak unsur vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh mengatasi stres dan ketegangan sehari-hari dan meminimalisir racun dalam tubuh.

4. Mengurangi berat badan

Apa hubungannya lidah buaya dengan berat badan ? konsumsi jus lidah buaya akan membantu tubuh secara alami untuk membersihkan sistem pencernaan. Pola makan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kelainan dalam sistem pencernaan akan dinetralisir oleh jus lidah buaya ini. Pencernaan yang sempurna akan membantu anda menjaga keseimbangan konsumsi dan kelancaran proses buang air besar, selain itu lidah buaya juga dapat mengenyangkan.

5. Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan Kardiovaskular tidak terlepas dari masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dokter menyuntikkan ekstrak lidah buaya ke dalam darah, secara drastis ia meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen. Lidah buaya memiliki nutrisi yang dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lancar, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer.

6. Sumber asam amino

Tubuh kita membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini secara mandiri. Karena jus lidah buaya mengandung 7 dari asam amino esensial dan 19 asam amino total, ia mampu dengan mudah memenuhi kebutuhan asam amino sehari-hari tubuh kita.

7. Melawan Peradangan

Jus lidah buaya memiliki 12 zat yang berbeda yang dapat mengurangi dan mencegah peradangan, dan keseluruhan dari zat tersebut tanpa risiko atau efek samping. Lidah buaya bahkan dapat membantu untuk masalah bengkak, kaku atau nyeri sendi.

8. Membantu sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat diperlukan untuk memastikan bahwa kita mampu menyerap semua nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang kita konsumsi. Selain kemampuan detoksifikasi alami, jus lidah buaya dapat meningkatkan penyerapan protein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus. Lidah buaya juga dapat mengurangi jumlah ragi ramah dan bakteri yang ditemukan dalam usus kita. Ia juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti mulas.

9. Sumber vitamin dan mineral

Setiap hari tubuh kita membutuhkan beberapa vitamin dan mineral. Jus lidah buaya mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah daftarnya :

Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E
Niasin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potasium, zat besi, sodium, kalsium dan lain-lain.

10. Membantu penderita diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat ini marak terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Manfaat lidah buaya diantaranya dapat membantu penderita diabetes. Jus lidah buaya ini dapat membantu mengatur gula darah di dalam tubuh. Ada studi yang telah dilakukan dan menunjukkan perbaikan kadar glukosa ketika pasien diabetes meminum jus lidah buaya.

Mengapa demikian ? setidaknya dalam lidah buaya terdapat 3 senyawa ini :
-Lektin
-Mannans
-Anthraquinones

Jadi, masih mau mengabaikan lidah buaya hanya sebagai tanaman hias? Minum jus lidah buaya hari ini juga.

sumber: livingtraditionally.com, manfaat.co.id

Sun, 26 Jul 2015 @21:49


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Abu Zahra · All Rights Reserved