Selamat Datang
image

Abu Zahra

022-2000429 081220891192 083829417557


Allah 'azza wa jalla berfirman: Sesungguhnya ajaran (yang diterima) di sisi Allah adalah Islam. Rasulullah berkata: Islam itu tinggi dan tidak ada ajaran yang mengungulinya. Imam 'Ali as berkata: Islam adalah jalan yang paling terang.
Kategori

Tafsir Hikmah [2]

image

TAFSIR HIKMAH DARI IMAM ALI AS

1. Awal hikmah (mengalir dalam diri) adalah meninggalkan kelezatan-kelezatan, dan akhirnya ialah tidak suka kepada segala yang tidak kekal.

2. Batasan hikmah adalah berpaling dari negeri yang tidak kekal dan fokus kepada negeri yang kekal abadi.

3. Di antara hikmah itu ialah kamu tidak menentang atasanmu dan tidak merendahkan bawahanmu, tidak memberikan (menjanjikan) apa yang tidak ada dalam kemampuanmu, lidahmu tidak menyalahi hatimu dan ucapanmu tidak menyalahi perbuatanmu, kamu tidak berbicara apa yang kamu tidak tahu, dan kamu tidak meninggalkan perkara ketika datang menghadap dan tidak menuntutnya ketika pergi berpaling.

4. Di antara hikmahnya (yakni manusia) yaitu pengetahuannya tentang dirinya.

5. Kalimah hikmah yang manakah yang lebih mencakup, yaitu kamu suka bagi manusia apa yang kamu suka bagi dirimu, dan kamu benci bagi mereka apa yang kamu benci bagi dirimu itu.

 

6. Adalah fuqahâ (para ahli hukum) dan hukamâ (para ahli hikmah), jika sebagian mereka menulis pada sebagian yang lain, mereka menulis tiga perkara dan tidak ada yang keempat bersama mereka: (1) Barangsiapa yang hasratnya adalah akhirat, niscaya Allah cukupi hasratnya dari dunia, (2) Barangsiapa yang memperbaiki batinnya, niscaya Allah perbaiki lahirnya, (3) Dan barangsiapa yang memperbaiki hubungan antara dia dan Allah 'azza wa jalla, niscaya Allah perbaiki baginya hubungan antara dia dan manusia yang lain.

Fri, 5 Dec 2014 @08:27


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+1+0

Copyright © 2018 Abu Zahra · All Rights Reserved