Selamat Datang
image

Abu Zahra

022-2000429 081220891192 083829417557


Allah 'azza wa jalla berfirman: Sesungguhnya ajaran (yang diterima) di sisi Allah adalah Islam. Rasulullah berkata: Islam itu tinggi dan tidak ada ajaran yang mengungulinya. Imam 'Ali as berkata: Islam adalah jalan yang paling terang.
Kategori

Lidah Kebenaran

Lisâna Shidqin [Lidah Kebenaran]

وَ اجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الآخِرِيْنَ
Dan jadikanlah bagiku lisân shidqin (lidah kebenaran) pada ummat yang terakhir.
[Al-Syu‘arâ` 26/85]

Sesungguhnya Ibrâhîm as memohon kepada Tuhannya supaya Dia menjadikan baginya lisân shidqin , yaitu seorang anak (keturunan) yang mempunyai lisân shidqin yang dia berkata benar dengan lidahnya untuk selamanya, dan yang dimaksud bahwa keadaannya itu ma‘shûm (tidak melakukan dosa-dosa dan kesalahan). Fil ãkhirîn, yaitu pada ummat yang terakhir, yaitu ummat Muhammad saw.

Telah diriwayatkan dari Abû ‘Abdillâh as bahwa yang dia maksudkan degannya adalah Nabi saw. Dan juga telah diriwayatkan dari beliau as bahwa yang dimaksudkan dengannya (‘aliyyan ) adalah ‘Ali as. Beliau berkata, “Telah diperlihatkan kepada Ibrâhîm wilâyah ‘Ali bin Abî Thâlib, dia berkata, 'Ya Allah, jadikanlah dia itu dari keturunanku.' Lalu Allah melakukan yang demikian.’” Telah terdahulu makna ini dalam sûrah Maryam (ayat ke-50) dalam firman-Nya ‘azza wa jalla. 

وَ جَعَلْنَا لَهُمْ لِسَانَ صِدْقٍ عَلِيًّا
Dan Kami jadikan bagi mereka lisân shidqin (lidah kebenaran) yaitu ‘Ali.

Dan dia itu adalah ‘Ali bin Abî Thâlib as. Dan atas kedua riwayat ini, maka keutamaan pada keduanya bagi ‘Ali as dengan tidak diragukan, sebab jika yang dimaksudkan itu adalah Nabi saw, maka sesungguhnya beliau telah bersabda, “Dan keutamaan setelahku itu bagimu wahai ‘Ali.” Dan apabila dia yang dimaksud, maka baginya keutamaan atas setiap takdir, karena beliau adalah Al-Basyîr Al-Nadzîr (sedang dia adalah) sekutunya, jiwanya, saudaranya, menterinya, pembelanya, penolongnya, penguatnya dan pembelanya yang nyata, shalawât Allah yang maha mendengar lagi maha melihat atas mereka berdua dan atas ma‘shûmîn dari dzurriyyah -nya; yang pertama dari mereka hingga yang terakhir. [Ta`wîl Al-Ãyât Al-Zhâhirah] 

Fri, 4 Apr 2014 @18:33


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Abu Zahra · All Rights Reserved