Selamat Datang
image

Abu Zahra

022-2000429 082121981001, 085214981001


Allah 'azza wa jalla berfirman: Sesungguhnya ajaran (yang diterima) di sisi Allah adalah Islam. Rasulullah berkata: Islam itu tinggi dan tidak ada ajaran yang mengungulinya. Imam 'Ali as berkata: Islam adalah jalan yang paling terang.
Kategori

Lelaki yang Menyaksikan

Allah yang maha tinggi berfirman:

    أَفَمَنْ كَانَ عَلَى بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّهِ وَ يَتْلُوهُ شَاهِدٌ مِنْهُ
Apakah orang yang berada di atas penjelasan dari Tuhannya dan dikutinya oleh seorang saksi darinya. [Surah Hûd 13'17]

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : مَا مِنْ رَجُلٍ مِنْ قُرَيْشٍ إِلاَّ نَزَلَ فِيْهِ طَائِفَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ. فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ : مَا نَزَلَ فِيْكَ ؟ قَالَ : أَمَا تَقْرَأْ سُورَةَ هُودٍ : أَفَمَنْ كَانَ عَلَى بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّهِ وَ يَتْلُوهُ شَاهِدٌ مِنْهُ ؟ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَلَى بَيِّنَةٍ مِنْ رِبِّهِ, وَ أَنَا شَاهِدٌ مِنْهُ
Dari ‘Ali bin Abî Thâlib as berkata, “Tidak seorang lelaki pun dari Quraisy melainkan telah turun tentangnya beberapa ayat Al-Quran.” Ada orang yang bertanya kepadanya, “Ayat apa yang telah diturunkan tentangmu?" Beliau berkata, “Tidakkah kamu membaca sûrah Hûd, Afaman kâna ‘alâ bayyinatin min rabbihi wa yatlûhu syâhidun minh ? Rasûlullâh saw yang ada di atas penjelasan dari Tuhannya dan aku orang yang menyaksikan darinya.” 

    عَنْ عَلِيٍّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ فِي الآيَةِ قَالَ : رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَلَى بَيِّنَةٍ مِنْ رِبِّهِ وَ أَنَا شَاهِدٌ مِنْهُ
Dari ‘Ali as tentang ayat tersebut, beliau berkata, “Rasûlullâh saw di atas keterangan dari Tuhannya dan aku yang menyaksikan darinya.” 

عَنْ عَلِيٍّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : أَفَمَنْ كَانَ عَلَى بَيِّنَةٍ مِنْ رِبِّهِ أَنَا, وَ يَتْلُوهُ شَاهِدٌ مِنْهُ قَالَ : عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ
Dari ‘Ali as berkata: Rasûlullâh saw berkata, “Orang yang ada di atas penjelasan dari Tuhannya adalah aku, dan mengikutinya orang yang menyaksikan darinya adalah ‘Ali as.” 

Al-Fakhr Al-Râzi berkata mengenai tafsir ayat tersebut dari sûrah Hûd, “Maka mereka menyebutkan tafsîr orang yang menyaksikan itu beberapa wajah sampai berkata---dan yang ketiganya bahwa yang dimaksudkan adalah ‘Ali bin Abî Thâlib as, dan maknna bahwa dia mengikuti penjelasan itu. Dan firman-Nya darinya (minhu) yaitu orang yang menyaksikan ini dari Muhammad saw.” 

Fri, 21 Mar 2014 @15:57


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Abu Zahra · All Rights Reserved