Selamat Datang
image

Abu Zahra

022-2000429 081220891192 083829417557


Allah 'azza wa jalla berfirman: Sesungguhnya ajaran (yang diterima) di sisi Allah adalah Islam. Rasulullah berkata: Islam itu tinggi dan tidak ada ajaran yang mengungulinya. Imam 'Ali as berkata: Islam adalah jalan yang paling terang.
Kategori

Tafsir Al-Fatihah Ayat 2

Tafsir: Al-Hamdu lillâhi rabbil ‘âlamîn.

Segala puji bagi Allah Rabb alam semesta

Imam Abû Muhammad Al-Hasan Al-’Askari as berkata: Ada seorang lelaki datang kepada Al-Ridhâ as, lalu dia berkata kepadanya: Wahai putra Rasulullah, kabarkanlah padaku tentang firman-Nya ‘azza wa jalla, Al-Hamdu lillâhi rabbil ‘âlamîn , apa tafsirnya? Beliau berkata, “Ayahku telah mengatakan padaku dari kakekku dari Al-Bâqir as dari Zainul Âbidîn as, ‘Sesungguhnya ada orang yang datang kepada Amîrul Mu`minîn as. Lantas orang itu berkata, ‘Kabarkan padaku tentang firman Allah ‘azza wa jalla, Al-Hamdu lillâhi rabbil ‘âlamîn , apa tafsirnya?’” Beliau berkata, “Al-Hamdu lillâh (segala puji bagi Allah), yaitu bahwa Allah mengenalkan kepada hamba-hamba-Nya sebagian kenikmatan-Nya atas mereka secara jumlah ketika mereka tidak mampu untuk mengenal keseluruhannya secara rinci, sebab terlalu banyak untuk dihitung atau diketahui, maka Dia berfirman kepada mereka: Ucapkanlah: Al-Hamdu lillâh atas karunia yang telah Dia berikan pada kami, dan menyebutkan kami dengannya dari kebaikan di dalam kitab-kitab terdahulu sebelum kami ada, maka dalam hal ini ada îjâb (pernyataan) atas Muhammad dan keluarga Muhammad tatkala Dia melebihkannya dan melebihkan mereka dengannya. Dan atas para pengikutnya wajib bersyukur kepada-Nya kareba karunia yang Dia berikan pada mereka dengannya atas selain mereka.”

Satu nikmat Allah yang tidak disyukuri sama dengan satu kemaksiatan, menarik nafas dan mengembuskannya itu satu kenikmatan, dan selama sehari atau semalam kita tidak bisa menghitungnya karena saking banyaknya, belum mengedipkan mata, dan belum yang lainnya. Maka dengan kemurahan Allah, kita diperintahkan untuk mengucapkan: Al-Hamdu lillâhi rabbil 'âlamîn sebanyak empat kali menjelang terbit matahari dan menjelang terbenamnya. Apabila kita mengucapkannya menjelang terbenam matahari, maka kita telah dianggap mensyukuri nikmat Allah seharian secara jumlah. Dan jika kita mengucapkannya empat kali menjelang terbitnya, maka kita telah dianggap mensyukuri nikmat Allah selama semalam. Itulah kemurahanan Allah 'azza wa jalla. Puji bagi Allah 'azza wa jalla yang telah mencurahkan karunia-Nya dan kenikmatan-Nya atas kita semua.

 

Thu, 27 Feb 2014 @17:56


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Abu Zahra · All Rights Reserved