Selamat Datang
image

Abu Zahra

022-2000429 082121981001, 085214981001


Allah 'azza wa jalla berfirman: Sesungguhnya ajaran (yang diterima) di sisi Allah adalah Islam. Rasulullah berkata: Islam itu tinggi dan tidak ada ajaran yang mengungulinya. Imam 'Ali as berkata: Islam adalah jalan yang paling terang.
Kategori

Pengantar Dzikir dan Doa Pagi-Sore


    وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيْفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغَدُوِّ وَاْلآصَالِ, وَ لاَ تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِيْنَ. سورة الأعراف 7/205
Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan perasaan takut, dan dengan tidak me-ngeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.

Dari ayat Al-Quran di atas dapat kita pahami bahwa dzikrullâh atau berdzikir kepada Allah itu diperintahkan, dan adab-adab dzikrullâh itu harus dengan merendahkan diri, dengan perasaan takut dan tidak mengeraskan suara, karena Allah itu maha mendengar, dan dzikrullâh dengan suara yang keras itu merupakan kebiasaan kaum munâfiq.

عَنْ أَبِي الْمَغْرَاءِ الْخَصَّافِ رَفَعَهُ قَالَ قَالَ أَمِيرُ الْمُؤْمِنِينَ ع: مَنْ ذَكَرَ اللَّهَ عَزَّ وَ جَلَّ فِي السِّرِّ فَقَدْ ذَكَرَ اللَّهَ كَثِيراً إِنَّ الْمُنَافِقِينَ كَانُوا يَذْكُرُونَ اللَّهَ عَلَانِيَةً وَ لَا يَذْكُرُونَهُ فِي السِّرِّ فَقَالَ اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ يُراؤُنَ النَّاسَ وَ لا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلاً
Dari Abû Al-Maghrâ` Al-Khashshâf dia mengangkat sanad-nya berkata: Amîrul Mu`minîn ‘Ali bin Abî Thâlib as berkata, "Siapa yang berdzikir kepada Allah ‘azza wa jalla dengan sirr (tidak dengan suara yang keras), maka sesungguhnya dia telah berdzikir kepada Allah dengan banyak, sesungguhnya orang-orang munâfiq itu berdzikir kepada Allah dengan suara yang keras, mereka tidak berdzikir kepada Allah dengan suara perlahan, maka Allah ‘azza wa jalla berfirman (tentang orang-orang munâfiq), Mereka pamer kepada manusia dan mereka tidak berdzikir kepada Allah kecuali sedikit."

Kemudian sebelum berdzikir, sampaikan terlebih dahulu ucapan selamat datang kepada dua malaikat penjaga yang mulia yang akan mencatat apa yang akan kita ucapkan.

Rasûlullâh saw berkata, "Siapa yang ingin berjumpa dengan (rahmat) Allah ‘azza wa jalla pada hari kiamat sedangkan pada buku catatannya tertera kesaksian bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan bahwa aku adalah Rasûlullâh, akan dibukakan baginya pintu-pintu surga yang delapan dan dikatakan kepadanya: Wahai wali Allah, masuklah kamu dari pintu yang mana saja yang kamu inginkan. Maka apabila berada pada waktu pagi, hendaklah dia mengucapkan kalimat berikut:

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي ذَهَبَ بِاللَّيْلِ بِقُدْرَتِهِ, وَجَاءَ بِالنَّهَارِ بِرَحْمَتِهِ, خَلْقًا جَدِيْدًا. مَرْحَبًا بِالْحَافِظَيْنِ, وَحَيَّاكُمَا اللهُ مِنْ كَاتِبَيْنِ. (وَيَلْتَفِتُ عَنْ يَمِيْنِهِ ثُمَّ يَلْتَفِتُ عَنْ شِمَالِهِ وَيَقُوْلُ): اُكْتُبَا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ, إِنِّي أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لاَ رَيْبَ فِيْهَا, وَأَنَّ اللهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي اْلقُبُوْرِ, عَلَى ذَالِكَ أَحْيَا وَعَلَيْهِ أَمُوْتُ, وَعَلَى ذَالِكَ أُبْعَثُ إِنْ شَاءَ اللهُ. اللَّهُمَّ أَقْرِئْ مُحَمَّدًا وَآلَهُ مِنِّيَ السَّلاَمَ

Alhamdu lillâhil ladzî dzahaba billaili biqudratih, wa jâ`a bin nahâri birahmatih, khalqan jadîdâ. Marhaban bil hâfizhaini wa hayyâkumallâhu min kâtibain. (Dan dia menoleh ke samping kanan dan ke samping kiri sambil mengucapkan) Uktubâ: Bismillâhir rahmânir rahîm, innî asyhadu an lâ ilâha illallâhu wahdahu lâ syarîka lah, wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasûluh, wa asyhadu annas sâ‘ata ãtiyatun lâ raiba fîhâ, wa annallâha yab‘atsu man fil qubûr, ‘alâ dzâlika ahyâ wa ‘alaihi amût, wa ‘alâ dzâlika ub‘atsu insyâ` allâh. Allâhumma aqri` muhammadan wa ãlahu minniyas salâm.

Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan malam dengan kekuasaan-Nya dan mendatangkan siang dengan kasih-Nya, sebagai makhluk yang baru. Selamat datang dua malaikat penjaga! Allah menghormati kamu berdua sebagai pencatat, (dan dia menoleh ke sebelah kanannya, kemudian ke sebelah kirinya dan mengatakan): Tulislah oleh kamu berdua: Dengan nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang, sesungguhnya aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah sendiri-Nya tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad hamba-Nya dan utusan-Nya, dan aku bersaksi bahwa kiamat akan datang tidak ada keraguan padanya, dan bahwa Allah akan membangkitkan orang-orang yang ada di dalam kubur, atas yang demikian aku hidup dan atasnya aku mati, dan atas yang demikian aku akan dibangkitkan apabila Allah menghendaki. Ya Allah sampaikanlah salâm dariku kepada Muhammad dan keluarganya." 

Catatan
Apabila kita hendak memulai dzikir sore, maka kataذَهَبَ بِاللَّيْلِ diganti dengan ذَهَبَ بِالنَّهَارِِ dan جَاءَ بِالنَّهَارِ diganti dengan بِاللَّيْلِ جَاءَ

Setelah itu kita mulai berdzikir dengan kalimat yang mana saja yang kita suka. Adapun kalimat-kalimat dzikir dan doa yang saya susun di bawah ini, tidaklah menunjukkan kepada tertib seperti itu, hanya saja saya susun dari kalimat-kalimat yang dibaca pagi dan sore dulu, kemudian yang dibaca pagi, kemudian yang dibaca sore, dan dimulai dari yang paling banyak dibacanya, yaitu dari yang mesti dibaca 1000 kali, 360 kali, 100 kali, 11 kali, 10 kali, 7 kali, 4 kali, 3 kali dan 1 kali. Jadi kita bisa memulainya dengan yang mana saja.

Sun, 16 Feb 2014 @15:38


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Abu Zahra · All Rights Reserved