Selamat Datang
image

Abu Zahra

022-2000429 082121981001, 085214981001


Allah 'azza wa jalla berfirman: Sesungguhnya ajaran (yang diterima) di sisi Allah adalah Islam. Rasulullah berkata: Islam itu tinggi dan tidak ada ajaran yang mengungulinya. Imam 'Ali as berkata: Islam adalah jalan yang paling terang.
Kategori

Shalat Nabi saw [24]

Dzikir dan Doa Setelah Shalat Malam

Doa setelah Dua Raka‘at yang Pertama
إِلَهِي نِمْتُ الْقَلِيْلَ فَنَبَّهَنِي قَوْلُكَ تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَ طَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ. فَلاَ تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ. فَجَانَبْتُ لَذِيْذَ الرُّقَادِ بِحَمْلِ ث
ِقْلِ السُّهَادِ, وَ تَجَافَيْتُ طِيْبَ الْمَضْجَعِ بِانْسِكَابِ غَزِيْرِ الْمَدْمَعِ, وَ وَطَيْتُ الأَرْضَ بِقَدَمِي, وَ بُؤْتُ إِلَيْكَ بِذَنْبِي, وَ وَقَفْتُ بَيْنَ يَدَيْكَ قَائِمًا وَ قَاعِدًا, وَ تَضَرَّعْتُ إِلَيْكَ رَاكِعًا وَ سَاجِدًا, وَ دَعَوْتُكَ خَوْفًا وَ طَمَعًا, وَ رَغِبْتُ إِلَيْكَ وَالِهًا مُتَحَيِّرًا
Ilâhî nimtul qalîla fanabbahanî qauluk, Tatajâfâ junûbuhum ‘anil madhâji‘i yad‘ûna rabbahum khaufan wa thama‘an wa mimmâ razaqnâhum yunfiqûn. Falâ ta‘lamu nafsun mâ ukhfiya lahum min qurrati a‘yunin jazâ`an bimâ kânû ya‘malûn. Fajânabtu ladzîdzar ruqâdi bihamli tsiqlis suhâd, wa tajâfaitu thîbal madhja‘i binsikâbi ghazîril madma‘, wa wathaitul ardha biqadamî, wa bu`tu ilaika bidzanbî, wa waqaftu baina yadaika qâ`iman wa qâ‘idâ, wa tadharra‘tu ilaika râki‘an wa sâjidâ, wa da‘autuka khaufan wa thama‘â, wa raghibtu ilaika wâlihan mutahayyirâ.

Wahai Tuhanku, aku tidur sedikit dikarenakan firman-Mu telah membangunkanku, Lambung-lambung mereka itu menjauh dari tempat tidur, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan cemas dan harap, dan dari sebagian rezeki yang Kami berikan mereka menginfaqkan. Maka satu jiwa pun tidak tahu dari penyejuk mata yang disembunyikan untuk mereka sebagai balasan bagi apa yang mereka kerjakan. Maka kujauhi lezatnya tidur dengan memikul beratnya terjaga, dan kujauhi nikmatnya berbaring dengan bercucuran air mata. Kulipat bumi dengan kakiku, dan kuakui dosa kepada-Mu, dan aku berada di hadapan-Mu dengan berdiri dan duduk, meminta belas-kasihan kepada-Mu dengan ruku‘ dan sujud, aku berdoa kepada-Mu dengan cemas dan harap, dan aku menginginkan kepada-Mu dengan sangat sedih lagi bingung.


أُنَادِيْكَ بِقَلْبٍ قَرِيْحٍ, وَ أُنَاجِيْكَ بِدَمْعٍ سَفُوْحٍ, وَ أَلُوذُ بِكَ مِنْ قَسْوَتِي, وَ أَعُوذُ بِكَ مِنْ جُرْأَتِي, وَ أَسْتَجِيْرُ بِكَ مِنْ جَهْلِي, وَ أَتَعَلَّقُ بِعُرَى أَسْبَابِكَ مِنْ ذَنْبِي, وَ اعْمُرْ بِذِكْرِكَ قَلْبِي

Unâdîka biqalbin qarîh, wa unâjîka bidam‘in safûh, wa alûdzu bika min qaswatî, wa a‘ûdzu bika min jur`atî, wa astajîru bika min jahlî, wa ata‘allaqu bi‘urâ asbâbika min dzanbî, wa‘mur bidzikrika qalbî.

Aku memanggil-Mu dengan hati yang luka, aku berbisik kepada-Mu dengan air mata yang menetes, aku berlindung kepada-Mu dari kekasaran hatiku, aku berlindung kepada-Mu dari keberanianku (dalam berbuat dosa), aku berlindung kepada-Mu dari kebodohanku, dan aku bergantung dengan tali sebab-sebab-Mu dari dosaku, dan makmurkanlah hatiku dengan mengingat-Mu.


إِلَهِي لَوْ عَلِمَتِ الأَرْضُ بِذُنُوْبِي لَسَاخَتْ بِي, وَ السَّمَاوَاتُ لاخْتَطَفَتْنِي, وَ الْبِحَارُ لأَغْرَقَتْنِي, وَ الْجِبَالُ لَدَهْدَهَتْنِي, وَ الْمَفَاوِزُ لابْتَلَعَتْنِي. إِلَهِي أَيَّ تَغْرِيْرٍ اغْتَرَرْتُ بِنَفْسِي, وَ أَيَّ جُرْأَةٍ اجْتَرَأْتُ عَلَيْكَ يَا رَبِّ. إِلَهِي كُلُّ مَنْ أَتَيْتُهُ إِلَيْكَ يُرْشِدُنِي, وَ مَا مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ عَلَيْكَ يَدُلُّنِي, وَ لاَ مَخْلُوقٍ أَرْغَبُ إِلَيْهِ إِلاَّ وَ فِيْكَ يُرَغِّبُنِي, فَنِعْمَ الرَّبُّ وَجَدْتُكَ, وَ بِئْسَ الْعَبْدُ وَجَدْتَنِي. إِلَهِي إِنْ عَاقَبْتَنِي فَمَنْ ذَا الَّذِي يَمْلِكُ الْعُقُوبَةَ عَنِّي ؟ وَ إِنْ هَتَكْتَنِي فَمَنْ ذَا الَّذِي يَسْتُرُ عَوْرَتِي ؟ وَ إِنْ أَهْلََكْتَنِي فَمَنْ ذَا الَّذِي يَعْرِضُ لَكَ فِي عَبْدِكَ أَوْ يَسْأَلُكَ عَنْ شَيءٍ مِنْ أَمْرِهِ ؟

Ilâhî lau ‘alimatil ardhu bidzunûbî lasâkhat bî, was samâwâtu lakhtathafatnî, wal bihâru la`aghraqatnî, wal jibâlu ladahdahatnî, wal mafâwizi labtala'atnî. Ilâhî ayya taghrîrin ightarartu binafsî, wa ayya jur`atin ijtara`tu ‘alaika yâ rabb. Ilâhî man ataituhu ilaika yursyidunî, wamâ min ahadin illâ wa fîka yadullunî, walâ makhlûqin arghabu ilaihi illâ wa fîka yuraghghibunî, fani‘mar rabbu wajadtuk, wa bi`sal ‘abdu wajadtanî. Ilâhî in ‘âqabtanî faman dzal ladzî yamlikul ‘uqûbata ‘annî? Wa in hataktanî faman dzal ladzî yasturu ‘auratî? Wa in ahlaktanî faman dzal ladzî ya‘ridhu laka fî ‘abdika au yas`aluka ‘an syai`in min amrih.

Wahai Tuhanku, kalaulah bumi tahu akan dosa-dosaku, niscaya bumi ini telah menguburku, langit menyambarku, laut menenggelamkanku, gunung-gunung mengguncangkanku, dan padang sahara yang tandus telah menelanku. Wahai Tuhanku, tipuan yang manakah yang aku telah memperdaya diriku, dan keberanian yang manakah yang aku telah berani menentang-Mu wahai Pengaturku. Wahai Tuhanku, setiap yang kudatangi menunjuki diriku kepada-Mu, dan tidak satu pun juga melainkan menunjuki diriku kepada-Mu, dan tidak satu makhluk pun yang aku lebih mencintainya melainkan mendorongku untuk mencintai-Mu, maka sebaik-baik Tuhan yang maha mengatur itu aku telah mendapati-Mu, dan seburuk-buruk hamba itu Engkau telah mendapatiku. Wahai Tuhanku, apabila Engkau menghukumku, maka siapa lagi yang menguasai hukuman (untuk memalingkannya) dariku? Jika Engkau robek tiraiku, maka siapa lagi gerangan yang menutup auratku? Dan bila Engkau mencelakakanku, maka siapa lagi yang memperlihatkan (jalan) kepada-Mu tentang hamba-Mu (ini), atau (siapakah) yang akan memintakan sesuatu kepada-Mu dari urusan dirinya?


وَ قَدْ عَلِمْتُ يَا إِلَهِي أَنْ لَيْسَ فِي حُكْمِكَ ظُلْمٌ, وَ لاَ فِي نِقْمَتِكَ عَجَلَةٌ, وَ إِنَّمَا يَعْجَلُ مَنْ يَخَافُ الْفَوْتَ, وَ يَحْتَاجُ إِلَى الظُّلْمِ الضَّعِيْفُ, وَ قَدْ تَعَالَيْتَ عَنْ ذَلِِكَ عُلُوًّا كَبِيْرًا, فَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ, وَ آلِ مُحَمَّدٍ, وَ افْعَلْ بِي كَذَا وَ كَذَا

Wa qad ‘alimtu yâ ilâhî an laisa fî hukmika zhulm, walâ fî niqmatika ‘ajalah, wa innamâ ya‘jalu man yakhâful faut, wa yahtâju ilazh zhulmidh dha‘îf, wa qad ta‘âlaita ‘an dzâlika ‘uluwwan kabîrâ, fashalli ‘alâ muhammad, wa ãli muhammad, waf‘al bî kadzâ wa kadzâ.

Sesungguhnya aku tahu wahai Tuhanku bahwa dalam hukum-Mu tidak ada kezaliman, dan dalam balasan dengan siksa-Mu tidak ada ketergesa-gesaan, hanya makhluk yang takut luput yang tergesas-gesa, dan yang orang lemah (akalnya) yang butuh kepada kezaliman. Dan sesungguhnya Engkau maha tinggi dari yang demikian itu dengan ketinggian yang besar, maka curahkanlah shalawât kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan lakukanlah denganku begitu begini (berdoa dengan doa yang kita suka).


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ تُحَسِّنَ بِي فِي لاَمِعَةِ الْعُيُونِ عَلاَنِيَتِي, وَ تُقَبِّحَ فِيْمَا أُبْطِنُ لَكَ سَرِيْرَتِي, مُحَافِظًا عَلَى رِئَاءِ النَّاسِ مِنْ نَفْسِي, فَأُرِيَ النَّاسَ حُسْنَ ظَاهِرِي, وَ أُفْضِيَ إِلَيْكَ بِسُوءِ عَمَلِي, تَقَرُّبًا إِلَى عِبَادِكَ, وَ تَبَاعُدًا مِنْ مَرْضَاتِكَ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika an tuhassina bî fî lâmi‘atil ‘uyûni ‘alâniyatî, wa tuqabbiha fîmâ ubthinu laka sarîratî, muhâfizhan ‘alâ ri`â`in nâsi min nafsî, fa`uriyan nâsa husna zhâhirî, wa ufdhiya ilaika busû`i ‘amalî, taqarruban ilâ ‘ibâdik, wa tabâ‘udan min mardhâtik.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu bahwa Engkau mengelokkan lahirku dalam penglihatan mata, tetapi Engkau menganggap buruk batin yang kusembunyikan kepada-Mu, karena memelihara sifat pamer kepada manusia, lalu kuperlihatkan kepada orang-orang kebaikan lahirku dan kutampakkan kepada-Mu buruknya amalku, karena aku mendekatkan diri kepada manusia dan menjauhi rido-Mu.


Doa setelah Delapan Raka‘at
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحُرْمَةِ مَنْ عَاذَ بِكَ مِنْكَ, وَ لَجَأَ إِلَى عِزِّكَ, وَ اسْتَظَلَّ بِفَيْئِكَ, وَ اعْتَصَمَ بِحَبْلِكَ, وَ لَمْ يَثِقْ إِلاَّ بِكَ, يَا جَزِيْلَ الْعَطَايَا, يَا مُطْلِقَ اْلأُسَارَى, يَا مَنْ سَمَّى نَفْسَهُ مِنْ ِجُودِهِ وَهَّابًا, أَدْعُوكَ رَغَبًا وَ رَهَبًا, وَخَوْفًا وَ طََمَعًا, وَ إِلْحَافًا وَ إِلْحَاحًا, وَ تَضَرُّعًا وَ تَمَلُّقًا, وَ قَائِمًا وَ قَائِدًا, وَ رَاكِعًا وَ سَاجِدًا, وَ رَاكِبًا وَ مَاشِيًا, وَ ذَاهِبًا وَ جَائِيًا, وَ فِي كُلِّ حَالاَتِي, وَ أَسْأَلُكَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ, وَ أَنْ تَفْعَلَ بِي كَذَا وَ كَذَا

Allâhumma innî as`aluka bihurmati man ‘âdza bika mink, wa laja`a ilâ ‘izzik, wastazhalla bifai`ik, wa‘tashama bihablik, wa lam yatsiq illâ bik, yâ jazîlal ‘athâyâ, yâ muthliqal usârâ, yâ man sammâ nafsahu min jûdihi wahhâbâ, ad‘ûka raghaban wa rahabâ, wa khaufan wa thama‘â, wa ilhâfan wa ilhâhâ, wa tadharru‘an wa tamalluqâ, wa qâ`iman wa qâ‘idâ, wa râki‘an wa sâjidâ, wa râkiban wa mâsyiyâ, wa dzâhiban wa jâ`iyâ, wa fî kulli hâlâtî. Wa as`aluka an tushalliya ‘alâ muhammadin wa ãli muhammad, wa an taf‘ala bî kadzâ wa kadzâ.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kemuliaan orang yang berlindung kepada-Mu dari-Mu, yang berlindung kepada kemuliaan-Mu, yang bernaung dengan naungan-Mu, yang berpegang kepada tali-Mu, dan yang tidak percaya kecuali kepada-Mu, wahai yang besar pemberian(Nya), wahai yang membebaskan para tawanan, yang menamai diri-Nya Wahhâb (maha pemberi) dari kemurahan-Nya, aku berdoa kepada-Mu dengan suka dan takut, dengan cemas dan harap, dengan terus-menerus dan mendesak, dengan merendahkan diri dan meminta belas-kasihan, dengan berdiri dan duduk, dengan ruku‘ dan sujud, dengan berkendaraan dan berjalan kaki, dengan pergi dan datang, dan pada semua keadaanku. Dan aku memohon kepada-Mu Engkau mencurahkan shalawât kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan Engkau lakukan terhadapku begitu dan begini (sampaikan doa yang kita suka).


Doa setelah Shalat Malam
1- سُبْحَانَ رَبِّيَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ، سُبْحَانَ رَبِّيَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ، سُبْحَانَ رَبِّيَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ. يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا بَرُّ يَا رَحِيْمُ يَا غَنِيُّ يَا كَرِيْمُ، اُرْزُقْنِي مِنَ التِّجَارَةِ أَعْظَمَهَا فَضْلاًً، وَ أَوْسَعَهَا رِزْقًا وَ خَيْرَهَا لِي عَاقِبَةً، فَإِنَّهُ لاَ خَيْرَ فِيْمَا لاَ عَاقِبَةَ لَهُ

Subhâna rabbiyal malikil quddûsil ‘azîzil hakîm. Subhâna rabbiyal malikil quddûsil ‘azîzil hakîm, Subhâna rabbiyal malikil quddûsil ‘azîzil hakîm. Yâ hayyu yâ qayyûmu yâ barru yâ rahîmu yâ ghaniyyu yâ karîm, urzuqnî minat tijârati a‘zhamahâ fadhlâ, wa ausa‘ahâ rizqan wa khairahâ lî ‘âqibah, fainnahu lâ khaira fîmâ lâ ‘âqibata lah.

Mahasuci Tuhan yang mengaturku, raja yang quddûs yang maha perkasa lagi maha bijaksana (3 kali). Wahai yang hidup, wahai yang berdiri sendiri, wahai yang berbuat baik, wahai yang maha penyayang, wahai yang maha kaya, wahai yang maha mulia, berilah aku rezeki dari perdagangan yang paling besar keuntungannya, yang paling luas karunianya dan yang paling baik akibatnya, karena sesungguhnya tidak ada kebaikan dalam hal yang tidak ada akibatnya (yang baik).


2- أَشْهَدُ أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَ الأَرْضَ وَ مَا بَيْنَهُمَا آيَاتٌ تَدُلُّ عَلَيْكَ, وَ شَوَاهِدُ تَشْهَدُ بِمَا إِلَيْهِ دَعَوْتَ، كُلٌّ مَا يُؤَدِّي عَنْكَ الْحُجَّةَ، وَ يَشْهَدُ لَكَ بِالرُّبُوبِيَّةِ، مَوْسُوْمٌ بِآثَارِ نِعْمَتِكَ، وَ مَعَالِمِ تَدْبِيْرِكَ. عَلَوْتَ بِهَا عَنْ خَلْقِكَ, فَأَوْصَلْتَ إِلَى الْقُلُوْبِ مِنْ مَعْرِفَتِكَ، مَا آنَسَهَا مِنْ وَحْشَةِ الْفِكْرِ، وَ كَفَاهَا رَجْمُ الإِحْتِجَاجِ، فَهِيَ مَعَ مَعْرِفَتِهَا بِكَ, وَ وَلَهِهَا إِلَيْكَ, شَاهِدَةٌ بِأَنَّكَ لاَ تَأْخُذُكَ الأَوْهَامُ، وَ لاَ تُدْرِكُكَ اْلعُقُوْلُ وَ لاَ الأَبْصَارُ، أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشِيْرَ بِقَلْبٍ أَوْ لِسَانٍ أَوْ يَدٍ إِلَى غَيْرِكَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ, وَاحِدًا أَحَدًا, فَرْدًا صَمَدًا, وَ نَحْنُ لَهُ مُسْلِمُوْنَ
Asyhadu annas samâwâti wal ardha wa mâ bainahumâ ãyâtun tadullu ‘alaik, wa syawâhidu tasyhadu bimâ ilaihi da‘aut, kullun mâ yu`addî ‘ankal hujjah, wa yasyhadu laka bir rubûbiyyah, mausûmun bi ãtsâri ni‘matik, wa ma‘âlimi tadbîrik. ‘Alauta bihâ ‘an khalqik, fa`aushalta ilal qulûbi min ma‘rifatik, mâ ãnasahâ min wahsyatil fikr, wa kafâhâ rajmul ihtijâj, fahiya ma‘a ma‘rifatihâ bik, wa walahihâ ilaik, syâhidatun biannaka lâ ta`khudzukal auhâm, walâ tudrikukal ‘uqûlu walal abshâr. Wa a‘ûdzu bika an usyîra bi qalbin au lisânin au yadin ilâ ghairik, lâ ilâha ilâ ant, wâhidan ahadâ, fardan shamadâ, wa nahnu lahu muslimûn.

Aku bersaksi bahwa seluruh langit dan bumi dan yang ada di antara keduanya adalah tanda-tanda yang menunjukkan kepada keagungan-Mu, kesaksian-kesaksian yang memberikan kesaksian terhadap apa-apa yang Engkau serukan kepadanya, semuanya menyampaikan hujjah dari-Mu, menyaksikan ke-rubûbiyyahan -Mu, yang ditandai dengan bekas-bekas nikmat-Mu, dan ciri-ciri kepengaturan-Mu. Engkau maha tinggi dengannya dari seluruh makhluk-Mu, kemudian Engkau hubungkan ke dalam hati-hati dari pengenalan-Mu, yang menenangkan kekacauan pikiran, dan penunjukkan bukti-bukti menjaganya, maka ia bersama pengenalannya dengan-Mu, dan bersama kecenderungannya kepada-Mu bersaksi bahwa Engkau tidaklah tergapai oleh seluruh akal dan seluruh penglihatan. Aku berlindung kepada-Mu dari memberi isyarat, baik dengan hati, lidah maupun tangan kepada selain-Mu. Tidak ada tuhan selain Engkau yang satu, yang tunggal, yang menyendiri yang kepada-Mu bergantung segala sesuatu, dan kami kepada-Nya berserah diri.


Makrûh Tidur antara Shalat Malam dan Fajar
Setelah selesai shalat malam bisa langsung shalat fajar walaupun waktu fajar yang pertama belum tiba. Dan setelah shalat malam di-makrûh -kan tidur, kecuali setelah shalat fajar.

Qadhâ` Shalat Malam
Shalat malam jika luput dapat di-qadhâ di siang hari, baik setelah shalat shubuh ataupun setelah shalat ‘ashar.

قَالَ الصَّادِقُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كُلُّ مَا فَاتَكَ بِاللَّيْلِ فَاقْضِهِ بِالنَّهَارِ قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى وَ هُوَ الَّذِي جَعَلَ اللَّيْلَ وَ النَّهَارَ خِلْفَةً لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يَذَّكَّرَ أَوْ أَرَادَ شُكُورًا
Al-Shâdiq as berkata, “Setiap kali kamu luput shalat malam, maka qadhâ`-lah (bayarlah) di siang hari, Allah tabâraka wa ta‘âlâ telah berfirman (yang artinya), Dan Dialah yang telah menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin ingat atau bersyukur.”

وَ قَالَ الصَّادِقُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَضَاءُ صَلاَةِ اللَّيْلِ بَعْدَ الْغَدَاةِ وَ بَعْدَ الْعَصْرِ مِنْ سِرِّ آلِ مُحَمَّدٍ الْمَخْزُونِ
Dan Al-Shâdiq as berkata, “Meng-qadhâ` shalat malam setelah shubuh atau setelah ‘ashar termasuk dari rahasia keluarga Muhammad yang tersimpan.”

عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عَلَيْهِ السَّلاَمُ أَنَّهُ قَالَ أَفْضَلُ قَضَاءِ صَلاَةِ اللَّيْلِ فِي السَّاعَةِ الَّتِي فَاتَتْكَ آخِرِ اللَّيْلِ وَ لَيْسَ بَأْسٌ أَنْ تَقْضِيَهَا بِالنَّهَارِ وَ قَبْلَ أَنْ تَزُولَ الشَّمْسُ
Dari Abû Ja‘far as bahwa dia berkata, “Seutama-utama meng-qadhâ shalat malam, yaitu pada waktu yang kamu telah luput di akhir malam, dan tidak mengapa kamu meng-qadhâ`-nya di siang hari dan sebelum tergelincir matahari.”

Sat, 15 Feb 2014 @06:54


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Abu Zahra · All Rights Reserved